Dapur Anggi

Resep Mudah : Dessert Strawberry Saus Coklat dan Chocochips

0
Source : justtryandtaste.com

dapuranggi.blogspot.com - Resep Mudah : Dessert Strawberry Saus Coklat dan Chocochips. Belakangan ini, Anggi ngiler tiap ada teman atau keluarga yang share postingan tentang dessert strawberry coklat dan chocohips. Tiap ada yang pamer postingan tersebut rasanya pingin nyoba membuatnya, tapi bingung harus mulai dari mana dan bahan apa saja yang diperlukan.

Setelah ngrumpi dengan pakar-pakar dessert, hehe.... akhirnya Anggi menemukan resepnya yang menurut Anggi bisa dimodifikasi menurut selera masing-masing.

Dessert strawberry ini paling enak kalau dimakan setelah hidangan utama, atau sebagai sajian penutup. Kenapa ? Karena pertama ia dessert, dan manis. Kedua, sangat pas untuk pencuci mulut dan ringan di perut. Pokoknya, kalian kudu, harus, wajib nyoba deh. hehe...

Berikut resep yang Anggi rangkum dari temen-temen :

resep ini untuk 7-8 buah dessert.


  • Siapkan tepung terigu serba guna 120 gram
  • 1 setengah sendok makan coklat bubuk
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan
  • Baking powder double acting (harus fresh) sebanyak 1 setengah sendok teh
  • Garam 1/4 sendok teh
  • 1 butir telur
  • Yoghurt tanpa rasa (plain) 3 sendok makan
  • 100-150 ml susu cair
  • Margarin/mentega./minyak sayur yang sebanyak 3 sendok makan sudah dicairkan (80 gram)
  • 1 sendok teh vanila ekstrak
  • chocochips banyaknya sesuai selera, cari yang tidak mudah meleleh

Cara membuat :

  1. Masukan tepung terigu, bubuk coklat, gula pasir, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk lalu aduk hingga rata pastikan tidak ada bubuk coklat yang menggumpal.
  2. Siapkan mangkuk lain, kemudian masukan telur dan yoghurt cocak cepat hingga menjadi adonan yang halus. Lalu campur dengan susu cair, vanila ekstrak, dan mentega cair aduk hingga rata.
  3. Tuangkan adonan telur ke dalam tepung aduk pelan-pelan dengan spatula agar tercampur dengan baik. Jangan terlalu lama mengaduk, jika sudah terlihat campur langsung hentikan. Tambahkan chocochips, aduk lagi sebentar hingga adonan berbentuk pekat, dan kental. Masukan susu 100-150 ml tadi.
  4. Siapkan wajan anti lengket, olesi permukaannya dengan mentega, panaskan wajan. Tuangkan satu sendok sayur, adonan pancake, bentuk sedikit agak bulat dengan spatula karena adonan pekat sehingga tidak langsung melebar saat dipanggang.
  5. Biarkan hingga adonan tersebut mengeras dan berbentuk serta mengeluarkan gelembung-gelembung baru balikkan pancake. Biarkan pancake mengembang dan matang dengan sendirinya, jangan ditekan. Lakukan cara tersebut kepada adonan lainnya.
  6. Kemudian siapkan panci kecil, masukkan strawberry dan gula pasir, masak hingga gula meleleh dan strawberry terlihat melunak. Tekan strawberry dengan garpu hingga hancur dan jus keluar. Tambahkan vanila ekstrak dan masak hingga strawberry meleleh.
  7. Setelah mendidih, angkat.
  8. Adonan siapkan dihidangkan.

Nah, segitu saja Resep Mudah : Dessert Strawberry Saus Coklat dan Chocochips dari Anggi. Kalau ada masukan atau saran, silahkan di kolom komen.

Terimakasih, bye :)

0 komentar:

Posting Komentar