Dapur Anggi

Benarkah Memanggang Adalah Cara Memasak Paling Baik ?

0


dapuranggi.blogspot.com - Benarkah Memanggang Adalah Cara Memasak Paling Baik ? Haaeee, apa kabar nih ? maaf yaa baru bisa update. Minggu-minggu kemarin dan kedepan ini Anggi lagi banyak kerjaan dan kesibukan lain, jadi jarang update :( Tapi hari ini Anggi akan bagikan salah satu tips yang penting dalam memasak. Apa itu ? Cek di bawah ini :


Bagaimana cara kita memasak makanan akan mempengaruhi nutrisi dari makanan tersebut. Bahkan, jika kita memasak makanan dengan salah bisa membuat makanan bernutrisi tinggi menjadi berbahaya untuk dikonsumsi.

Untuk memasak sendiri, terdapat banyak cara seperti; menggoreng, memanggang, merebus, mengkukus dll. Masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Tapi menurut ahli gizi, cara memasak paling baik adalah dengan memanggang.

Kenapa memanggang ? berikut Anggi berikan alasannya seperti yang telah dilansir oleh Boldsky.

1. Menjaga Nutrisi
Dengan memanggang, nutrisi, vitamin dan mineral dari makanan tersebut akan tetap terjaga. Tak peduli makanan sayuran atau daging. Namun kalau sayuran, pastikan tidak memanggang terlalu lama dan tetap segar. Sedangkan untuk daging, kadar riboflavin dan thiamine akan tetap terjaga jika dipanggang. Kedua nutrisi tersebut adalah yang paling dibutuhkan oleh tubuh.

2. Mengurangi Lemak
Kelebihan lemak adalah salah satu tambahan yang tak menyehatkan untuk makanan. Lemak bisa memicu banyak masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular dan lainnya. Memanggang makanan akan menghilangkan kelebihan lemak sehingga mengurangi jumlah lemak dalam makanan.



3. Rendah sodium
Terlalu banyak mengonsumsi garam atau sodium tak baik untuk kesehatan. Bahkan penelitian menemukan bahwa sodium berkaitan dengan tekanan darah tinggi dan sakit kepala. Memanggang makanan akan mengurangi jumlah garam yang diserap oleh makanan, sehingga metode ini sangat baik dilakukan jika Anda ingin mengurangi konsumsi garam atau sodium.

Tak diragukan lagi bahwa memanggang adalah salah satu metode memasak yang aman dan menyehatkan. Namun sebaiknya juga berhati-hati ketika memanggang makanan. Anda harus mengetahui cara memanggang makanan dengan benar agar tak merusak kualitas bahan makanan dan malah mengurangi jumlah nutrisi di dalamnya.

Nah segitu saja yang bisa Anggi bagikan. Mohon maaf atas keterlambatan Anggi meng-update artikel yaa :))

0 komentar:

Posting Komentar